Contoh Surat Dinas - Pada kesempatan yang telah lalu, saya telah membahas tentang Contoh Surat Pribadi. Dalam postingan tersebut telah disinggung bahwa surat terbagi menjadi dua berdasarkan pembuatannya, yaitu Surat Pribadi dan Surat Setengah Resmi. Namun kali ini saya tidak lagi membahas tentang Surat Pribadi, melainkan mengenai Contoh Surat Dinas Resmi yang Baik dan Benar.
Apa itu Surat Dinas?
Surat Dinas adalah surat yang isinya berkenaan dengan kedinasan atau kegiatan dinas. Surat dinas tergolong kedalam surat resmi, sehingga bahasa yang digunakan haruslah bahasa yang formal. Selain daripada itu, tata bahsa juga tidak dibenarkan terbelit-belit, namun harus seefektif mungkin.
Bagaimana Ciri-Ciri Surat Dinas?
Surat dinas memiliki ciri-ciri seperti yang terdapat di bawah ini:
-Format Resmi (tidak bebas)
-Menggunakan bahasa baku (sesuai EYD)
Apa Fungsi dari Surat Dinas?
Surat Dinas memiliki fungsi sebagai berikut:
-Sebagai panduan kerja dalam membuat keputusan selanjutnya
-Sebagai dokumen tertulis
-Sebagai bukti historis gambaran instansi atau perusahaan
Adapun bagian-bagian dari Surat Dinas adalah sebagai berikut:
1. Kop Surat
2. Tanggal Surat
3. Nomor Surat
4. Lampiran
5. Alamat yang dituju
6. Salam Pembuka
7. Isi
8. Penutup
9. Tanda tangan Pembuat Surat
10.Nama Jelas
11. Nip
12. Tembusan
13. Jabatan
Untuk menghasilkan sebuah surat yang baik dan benar ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membuat Surat tersebut, yaitu:
1. Susunlah surat sesuai dengan teknis penyusunan surat dinas, seperti menyusun tata letak bagian-bagian surat, yang dimulai dari kepala surat, tanggal surat, nomor surat dan seterusnya sampai jabatan.
2. Pergunakan bahasa yang baik dan benar, baku dan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia.
3. Isi surat harus pada, jelas dan eksplisit supaya mudah dipahami oleh penerima surat.
4. Penulis surat haruslah memahami posisi dan bidang tugasnya.
5. Mengetahui aturan-aturan yang berhubungan dengan masalah.
6. Berhubungan dengan ketatausahaan.
7. Memahami masalah yang menjadi persoalan.
1. Susunlah surat sesuai dengan teknis penyusunan surat dinas, seperti menyusun tata letak bagian-bagian surat, yang dimulai dari kepala surat, tanggal surat, nomor surat dan seterusnya sampai jabatan.
2. Pergunakan bahasa yang baik dan benar, baku dan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia.
3. Isi surat harus pada, jelas dan eksplisit supaya mudah dipahami oleh penerima surat.
4. Penulis surat haruslah memahami posisi dan bidang tugasnya.
5. Mengetahui aturan-aturan yang berhubungan dengan masalah.
6. Berhubungan dengan ketatausahaan.
7. Memahami masalah yang menjadi persoalan.
Dari penjelasan di atas, Anda sudah cukup paham bagaimana menyusun sebuah surat dinas yang baik dan benar. Namun untuk lebih jelasnya, saya akan bagikan satu Contoh Surat Dinas kepada Anda, berikut contohnya.
Contoh Surat Dinas Sekolah
(--nama sekolah--)(--alamat--)(--no telp--)======================================================================Banda Aceh, 12 januari 2015No :___/____/___/_______Lampiran : _________Perihal : _________Yth. Orang Tua/Wali Murid Kelas ____SMA Negeri 3 Banda AcehDengan Hormat,Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa siswi (--nama sekolah--) khususnya untuk kelas ___. Maka dengan surat ini kami selaku Badan Pendidikan Sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik IPA maupun IPS di luar sekolah. Adapun acara tersebut akan dilaksanakan pada:Hari/Tanggal : ________________Pukul : ________________Tempat : ________________Acara : _______________Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.Kepala Sekolah(--nama sekolah--)ttd,(--nama kepala sekolah--)(--nip.--)
Demikian Contoh Surat Dinas yang Baik dan Benar yang bisa kami bagikan pada kesempatan ini. saya rasa Anda sudah sangat paham sekarang dalam menyusun sebuah surat dinas yang baik dan benar. Akhir kata semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat tersendiri bagi Anda para pembaca. Terima kasih atas kunjungnya.